Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional (5)


BAGIAN 5

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional


29. Perhatikan kutipan teks berikut!
Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur, dan ikan. Dengan kegiatan ini, … Alasan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok adalah aneka tanaman sayur-mayur, seperti kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, dapat ditanam di media selain tanah.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks rumpang tersebut adalah …
A.    anggota masyarakat akan mempunyai penghasilan tambahan yang dapat menopang kebutuhannya.
B.    masyarakat lebih kreatif dalam menambah penghasilan dengan memanfaatkan pekarangan yang sempit.
C.    setiap keluarga memiliki kegiatan atau kesibukan di rumah masing-masing untuk mengisi waktu luang.
D.    kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi.

30. Perhatikan kutipan teks berikut!
Ki Hajar Dewantara yang nama kecilnya Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Meskipun berasal dari keluarga Keraton Yogyakarta hidupnya sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya.

Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena sakit.

Ia kemudian bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Kutipan teks tersebut bila diubah menjadi cerpen yang paling tepat adalah …
A.    Ki Hajar Dewantara dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia dilahirkan di kalangan keluarga Keraton Yogyakarta. Namun, hidupnya sederhana dan ingin selalu dekat dengan rakyatnya. Ia menempuh pendidikan di ELS yaitu Sekolah Dasar Belanda. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) tetapi tidak sampai tamat karena sakit. Ia kemudian bekerja menjadi seorang wartawan di berbagai surat kabar. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.
B.    Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889 Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak pelopor pendidikan di Indonesia. Ia kemudian mendirikan sekolah Taman Siswa untuk mewujudkan cita-citanya memajukan pendidikan kaum pribumi yang waktu itu di jajah oleh Belanda. Ia pernah mengenyam pendidikan di ELS dan STOVIA. Di STOVIA ia tidak bias menamatkan pendidikannya karena sakit. Akhirnya ia bekerja menjadi seorang wartawan di berbagai-bagai surat kabar.
C.    Pada tanggal 2 Mei 1889 adalah tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara. Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Soewardi Soerjaningrat. Ki Hajar Dewantara terkenal sebagai pelopor pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, tanggal kelahirannya ditetapkan sebagai hari Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara banyak berjasa bagi pendidikan di Indonesia. Ia mendirikan lembaga pendidikan yang bercirikan budaya bangsa Indonesia yang terkenal dengan nama Pendidikan Taman Siswa.
D.    Dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889 dan diberi nama Ki Hajar Dewantara. Ia merupakan salah satu pelopor pendidikan di Indonesia. Maka sudah selayaknya kalau Ki Hajar Dewantara kemudian diberi gelar Bapak Pendidikan Indonesia. Sejak kecil memang bercita-cita membangun Indonesia melalui dunia pendidikan. Untuk mewujudkan cita-citanya itu Ki Hajar Dewantara bekerja sebagai wartawan yang menulis berita tentang dunia pendidikan. Kemudian Ki Hajar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama Taman Siswa.


31.  Cermati ilustrasi berikut!
1.     Martha Christina Tiahahu lahir di Nusa laut Maluku, 4 Januari 1800, meninggal di laut Banda Maluku 2 Januari 1818 pada umur 17 tahun.
2.     Puteri dari Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan negeri abubu yang membantu Thomas Matulessy dalam perang Pattimura.
3.     Pejuang kemerdekaan yang unik karena merupakan putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan Kolonial Belanda. 
4.     Gadis konsekuen dan pemberani terhadap cita-cita perjuangannya.
Teks biografi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah … 
A.    Keberanian Martha Christina Tiahahu tidak diragukan lagi. Dia merupakan pembantu Thomas Matulessi dalam perang Patimura tahun 1818. Keberanian Martha mengantarkannya sebagai pejuang Wanita yang unik karena Ia merupakan satu-satunya pejuang remaja pada masa itu. Karena keberaniannya ia ditetapkan sebagai pahlawan Nasional. Martha meninggal di usia yang masih belia karena menyelamatkan ayahnya. Selain dikenal karena keberaniannya. Martha juga dikenal karena ia konsekuen dalam menggapai tujuan kemerdekaannya. 
B.    Martha Christina Tiahahu lahir di Nusa laut Maluku, 4 Januari 1800, meninggal di laut Banda Maluku 2 Januari 1818 pada umur 17 tahun. Putri Kapitan Paulus Tiahahu ini merupakan gadis remaja yang berjuang pada masa penjajahan Belanda. Martha Christina Tiahahu bukan hanya mengangkat senjata tetapi juga memberi semangat kepada para gadis remaja pada masanya untuk berjuang melawan belenggu penjajahan. Ia membuktikan bahwa remaja dapat berperan langsung dalam perjuangan.
C.    Martha Christina Tiahahu  merupakan pejuang kemerdekaan yang lahir di Nusa laut Maluku, 4 Januari 1800. Ia adalah puteri dari Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan negeri abubu yang membantu Thomas Matulessy dalam perang Pattimura. Christina merupakan pejuang kemerdekaan yang unik karena merupakan putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan Kolonial Belanda. Gadis ini dikenal sebagai pejuang yang konsekuen dan pemberani dalam meraih  cita-cita perjuangannya. Ia meninggal di laut Banda Maluku 2 Januari 1818 pada umur 17 tahun.
D.    Christina merupakan pejuang kemerdekaan yang unik karena merupakan putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan Kolonial Belanda. Gadis ini dikenal sebagai pejuang yang konsekuen dan pemberani dalam meraih  cita-cita perjuangannya. Keberanian Martha Christina Tiahahu tidak diragukan lagi. Dia merupakan pembantu Thomas Matulessi dalam perang Patimura tahun 1818. Putri Kapitan Paulus Tiahahu ini merupakan gadis remaja yang berjuang pada masa penjajahan Belanda. Ia meninggal di laut Banda Maluku 2 Januari 1818 pada umur 17 tahun.

32.  Bacalah ilustrasi berikut!
Pelaksana                     : Dani Ahmadi
Waktu pelaksanaan : Minggu, 7 Februari 2016
Tempat                   : Pasar Gede Kota Surakarta
Objek Pengamatan  : Pengelolaan Sampah di Pasar Gede Kota Surakarta
Paragraf hasil laporan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…

A.    Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Dani Ahmadi pada Minggu, 7 Februari 2016 di Pasar Gede Kota Surakarta, saya sependapat bahwa pengeloaan sampah masih perlu ditingkatkan. Kenyamanan dan aktivitas pasar yang terganggu dapat memberikan pengaruh pada naik turunnya ekonomi pedagang. Oleh karena itu sudah sepantasnya dinas yang berwenang menindak tegas pedagang yang tidak mau berperan aktif dalam menjaga lingkungan. 
B.    Berdasarkan pengamatan Pasar Gede Surakarta sangat memprihatinkan. Para pedagang tidak peduli pada kebersihan. Mereka terbiasa membuang sampah di sembarang tempat. Para pedagang beralasan bahwa pengelola tidak menyediakan tempat sampah yang memadai untuk menampung semua sampah yang dihasikan.
C.    Sebaiknya pemerintah menindak tegas dan memberikan pengarahan kepada pedagang agar mereka tertib dalam mengelola sampah. Mereka tidak peduli pada tempat mereka berjualan. Hal itu menyebabkan sampah berserakan dan berbau. Semakin lama dibiarkan maka sampah tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berbelanja. Bahkan berdasarkan hasil pengamatan ha itu dapat mencemari lingkungan.
D.    Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Dani Ahmadi pada Minggu, 7 Februari 2016 di Pasar Gede Kota Surakarta, pengelolaan sampah di pasar tersebut belum berjalan dengan baik. Banyak sampah berserakan dan menimbulkan bau busuk. Sebagian besar pedagang tidak peduli terhadap lingkungan tempat mereka berjualan. Hal itu memengaruhi kenyamanan dan aktivitas pasar. 

33.  Cermati teks berikut!
1.     Langkah-langkah melakukan transaksi pengambilan uang dengan kartu ATM
           2.     Kunjungi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bersama atau ATM Bank yang sesuai kartu
            3.     Masukkan kartu ATM
            4.     Pilihlah bahasa yang digunakan
            5.     Ketik pin ATM
            6.     Pilih menu pengambilan tabungan
            7.     Ketik jumlah uang yang dikehendaki, minimal Rp. 50.000,- sampai    
                 Rp. 5.000.000,- per transaksi
            8.    Tunggu sejenak proses pengambilan uang kemudian uang akan keluar 
                 dari mesin ATM
            9.     Segera setelah uang keluar dari dalam mesin ATM, bukti pengambilan    
                 akan keluar dari Mesin.

Kalimat yang tidak efektif dari kutipan teks prosedur di atas ditandai dengan nomor…
A.         1, 3, 5
B.         4, 5, 7
C.         1, 6, 8
D.         2, 6, 7


34.  Cermati kutipan teks berikut!
(1)Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan R.A. Kartini merupakan keturunan bangsawan Jawa yang lahir pada tanggal 21 April 1879. (2) Kartini pernah mengenyam pendidikan dasar, meskipun keinginannya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi harus terhenti karena adat istiadat yang berlaku di masyarakat saat itu. (3) Kartini memiliki pandangan yang sempit  mengenai pendidikan dan hak-hak wanita di jamannya dan ia menyerah pada belenggu adat istiadat. (4) R.A. Kartini mengagumi kebebasan hak wanita di Eropa dalam meraih pendidikan dan Ia terinspirasi untuk memajukan wanita Indonesia.

Kalimat tidak padu dalam kutipan teks biografi di atas adalah … 
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

35.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
            1.     Penjajahan koloni Belanda merupakan penjajahan terlama yang pernah dialami  
                 Indonesia.
            2.     Semangat para pejuang memberikan implikasi positif dalam proses perjuangan 
                 Bangsa.
           3.     Sebagai rakyat yang menerima warisan perjuangan bangsa, sudah seharusnya kita 
                 meninggalkan individual dan bahu-membahu membangun bangsa.    
4.     Meskipun kita sudah menjadi merdeka dan memiliki kebebasan sendiri bukan 
                 berarti liberalis menjadi paham negara kita.
Penggunaan istilah yang tepat terdapat dalam kalimat… 
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4

36. Ikutilah lomba pidato tingkat SMP tahun 2014 untuk memeriahkan HUT Kota Semarang. (2) Dengan ikut  lomba pidato berarti peduli dengan kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Kota Semarang. (3) Lomba pidato mengasah kemampuan keterampilan berbicara siswa.

Penjelasan kalimat nomor (3) pada iklan tersebut adalah ...
A.    Prestasi siswa hanya dapat dicapai dengan ikut lomba pidato.
B.    Dengan ikut memeriahkan HUT Kota Semarang siswa dapat berpidato.
C.    Lomba pidato dapat meningkatkan prestasi siswa malalui keterampilan berbicara.
D.    Keterampilan berbicara siswa sejalan dengan prestasi siswa dalam lomba pidato.

37.  Perhatikan teks berikut!
Untuk menghadapi ujian nasional ini, aku akan menganalisis cara belajarku agar akau menjadi pelajar yang berkwalitas(1). Selain itu, aku akan mengurangi gerakanku (2) yang tidak berhubungan dengan belajar. Tidak lupa, aku akan melantunkan(3) doa kepada Tuhan .

Perbaikan pemakaian kata yang bercetak miring pada paragraf di atas adalah …                                         
A.    (1) berkualitas, (2) aktivitasku, (3) memanjatkan
B.    (1) bermutu, (2) usahaku, (3) mengatakan
C.    (1) pandai, (2) kondisiku, (3) mengabulkan
D.    (1) berprestasi, (2) upayaku, (3) menghargai

38.  Pada tanggal 16 januari 2012, ratusan bangunan liar di jalur hijau di jalan jati petamburan, Jakarta pusat dibongkar aparat Muspika tanah abang

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah …
A.    Pada tanggal 16 Januari 2012, ratusan bangunan liar di jalur hijau di Jalan Jati Petamburan, Jakarta Pusat dibongkar aparat Muspika Tanah Abang.
B.    Pada tanggal 16 januari 2012, ratusan bangunan liar di jalur hijau di jalan jati petamburan, Jakarta pusat dibongkar aparat muspika tanah abang.
C.    Pada tanggal 16 januari 2012, ratusan bangunan liar di jalur hijau di jalan Jati Petamburan, Jakarta Pusat dibongkar Aparat Muspika Tanah Abang.
D.    Pada tanggal 16 Januari 2012, ratusan bangunan liar di jalur hijau di Jalan Jati Petamburan, Jakarta Pusat dibongkar Aparat Muspika Tanah Abang.

 39. Petunjuk memelihara ikan hias.
(1)   Pasang filter untuk menyaring air.
(2)   Masukkan air perlahan-lahan.
(3)   Masukkan hiasan akuarium sesuai keinginan.
(4)   Siapkan akuarium kosong dan bersihkan.
(5)   Pasang penerang cahaya.
(6)   Masukkan ikan perlahan-lahan.
(7)   Beri makan sehari sekali sesuai jenis ikannya.

Urutan petunjuk tersebut yang tepat adalah  …
A.    (4), (5), (1), (2), (3), (6), (7)                
B.    (4), (2), (3), (1), (5), (6), (7)
C.    (4), (1), (3), (5), (2), (6), (7)
D.    (4), (6), (2), (3), (1), (5), (7)

40. Perhatikan paragraf berikut!
Senin, 1 desember, 6 korban jatuhnya helikopter super puma milik tni angkatan udara (au) dievakuasi dari kampung kiriwok ke rumah sakit tni marten indey, jayapura, papua.

Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.    Senin 1 Desember, 6 korban jatuhnya helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara (AU) dievakuasi dari Kampung Kiriwok ke Rumah Sakit TNI Marten Indey, Jayapura, Papua.
B.    Senin 1 Desember, 6 korban jatuhnya helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara (AU) dievakuasi dari kampung Kiriwok ke Rumah Sakit TNI Marten Indey, Jayapura, Papua.
C.    Senin 1 desember, 6 korban jatuhnya helikopter super puma milik TNI Angkatan Udara (AU) dievakuasi dari Kampung Kiriwok ke Rumah Sakit TNI Marten Indey, Jayapura, Papua.
D.    Senin 1 Desember, 6 korban jatuhnya helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara (AU) dievakuasi dari Kampung Kiriwok ke rumah sakit TNI marten Indey, Jayapura, Papua.



BERSAMBUNG... Klik BAGIAN SELANJUTNYA

BAGIAN 1 | BAGIAN 2 | BAGIAN 3 | BAGIAN 4 | BAGIAN 5 | BAGIAN 6


     Terima kasih kepada pengelola blog MGMP Bahasa Indonesia 10 dan Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Sumber : http://mgmpbahasaindonesia10.blogspot.com/

Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional (5)"