Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional (6)

BAGIAN 6

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional


Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia!


41. Perhatikan kutipan cerpen di bawah ini!

     Suatu hari, ada cowok ganteng yang bikin Sekar jatuh hati. Aku sih hanya bisa tersenyum. Ternyata cowok yang disukai Sekar itu teman SD-nya, tapi Sekar baru punya rasa semenjak di SMP. Nama cowok itu  adalah Kevin. Sekar pun pdkt sama si Kevin. Akhirnya mereka pun jadian. Namun,  Sekar sama Kevin itu gak berani ngomong berduaan. Dan itu bikin sekar ilfil.
     Ketika kami sedang istirahat, aku melihat anak yang ganteng banget, yang bikin aku suka pada pandangan pertama. Namanya Riski. Aku pun langsung memukul bahu Sekar.
Gila! Tuh anak ganteng banget sih, Kar!
Maksud kamu si Riski?”
Ya, mana aku tahu namanya, Kar? Aku aja baru lihat dia sekarang
Oalahh. ....Aku saranin kamu jangan suka sama dia.”
Lhah! Kok gitu sih, Kar?”
Soalnya aku juga suka sama si Riski”
Arti Sahabat :Marchitha Almathea

Sudut pandang  pada kutipan cerpen di atas adalah ....

A.    orang pertama pelaku utama
B.    orang pertama pelaku sampingan
C.    orang ketiga pelaku utama
D.    orang ketiga di luar cerita

42. Perhatikan paragraf di bawah ini!
Kamis (5/12), 70 dari 180 kereta rel listrik pesanan PT KAI commuter Jabodetabek tiba di jakarta. Kereta bekas east Japan Railway company itu belum bisa langsung dipakai dalam waktu dekat meskipun penumpang berharap ada penambahan kereta.

Perbaikan penulisan huruf  kapital yang tepat pada paragraf tersebut adalah ....
Tertulis
Perbaikan
A.
jakarta, east, company, kereta
Jakarta, EastCompany, Kereta
B.
jakarta, railway, company, kereta
Jakarta, railway, Company, Kereta
C.
commuter, kereta, east, company
Commuter, Kereta, East, Company
D.
commuter, jakarta, east, company
Commuter, Jakarta, EastCompany

43. Bacalah teks berikut!
Metabolisme tubuh selama puasa memungkinkan munculnya bau mulut. Hal ini wajar karena lambung yang kosong dalam waktu lama dapat merangsang timbulnya aroma yang kurang sedap kemudian keluar melalui rongga mulut. Selain itu, disebabkan berkurangnya produksi air liur (saliva) karena berkurangnya makanan yang masuk. Saat saliva berkurang,bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut.

Cara paling mudah untuk meredam bau mulut selama berpuasa tentu saja dengan rajin gosok gigi, terlebih setelah makan sahur. Sayangnya, kebiasaan ini tidak mudah bagi sebagian orang. Untuk menetralkan bau mulut sekaligus membuat nafas lebih sehat selama puasa,dapat memanfaatkan beberapa ramuan alami.

Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah …
A.    Manfaat ramuan alami untuk menghilangkan bau mulut.
B.    Bau mulut saat berpuasa dapat dinetralkan dengan ramuan alami
C.    Banyak cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa.
D.    Penyebab timbulnya bau mulut tak sedap saat berpuasa.

44. Perhatikan penggalan cerpen berikut!

Olok-olok teman-teman Rin terdengar lagi saat jam pelajaran olahraga. Nia dan kawan-kawannya yang terkenal judes, mendekati Rin dengan wajah mengejek.
“Rin kamu enggak gatal memakai terus sepatu kumal kayak gitu?” tanya Nia.
“Iya, Nih! Sepatu itu harusnya sudah masuk museum,” tambah Mita.
“Enggak punya uang untuk beli sepatu baru, ya?” ejek Nia lagi. “Makanya, minta dong sepatu!”
“Sama siapa?” tanya Mita dan teman-temannya serempak.
“Sama bintang jatuh! Capeek deeeh! Jawab Nia. Mereka tertawa dan meninggalkan Rin, menuju lapangan olahraga.
Ani dan Maia datang menghampiri Rin yang sedang termenung.
“Udah Rin, jangan jangan dimasukkan ke hati omongan mereka!” ujar Ani dan Maia berusaha menghibur Rin.

Tindakan terpuji  pada penggalan cerpen tersebut adalah …
A.    Rin memakai sepatu kumal maka ia minta sepatu pada bintang jatuh.
B.    Olok-olok teman-teman Rin terdengar lagi saat jam pelajaran olahraga.
C.    Nia dan kawan-kawannya yang terkenal judes, mendekati Rin dengan wajah mengejek.
D.    Ani dan Maia menghampiri Rin, menghiburnya agar tidak memasukkan hati omongan Nia.

45. Bacalah kalimat berikut!
Para anak-anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.

Perbaikan kalimat tersebut  agar menjadi kalimat efektif adalah ...
A.    Anak-anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
B.    Para anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinannya mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
C.    Anak-anak yang sering berulangkali  minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
D.    Anak-anak yang  sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibanding dengan anak-anak yang jarang meminumnya.

46.  Bacalah teks berikut!
Taman satwa Gembira Loka merupakan salah satu tempat rekreasi yang berada di Yogyakarta. Taman ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Banyak satwa dan sarana permainan yang ada di tempat ini. Pengunjung dapat menyaksikan satwa, sambil santai. Pengunjung juga dapat memanfaatkan dan menilmati sarana permainan dengan harga terjangkau.

Di bagian depan taman, pengunjung dapat menyaksikan orang utan dan simpanse. Bila pengunjung ingin melihat binatang melata, pengunjung dapat menemukannya di bagian tengah taman. Di bagian ini pengunjung dapat melihat beraneka macam: ular dan iguana. Ada beberapa ular dan iguana yang sudah jinak yang dapat dipegang oleh pengunjung. Pengunjung tidak merasa khawatir memegang ular maupun iguana karena ada petugas yang mendampingi binatang-binatang tersebut.

      Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada ….

A.    tanda baca koma  setelah kata satwa dan tanda baca koma setelah kata melata
B.    tanda baca koma  setelah kata satwa dan tanda baca titik setelah kata pengunjung
C.    tanda baca koma  setelah kata satwa dan tanda baca koma setelah kata beraneka macam
D.    tanda baca koma  setelah kata depan taman dan tanda baca koma setelah kata beraneka macam

47. Bacalah teks berikut!
Mulai tanggal 1 Oktober 2015 kemarin pemerintah menaikkan harga BBM. Hal ini diumumkan oleh  Presiden pada hari Rabu tanggal 30 September 2015 pada pukul 23.00 WIB.  Beliau beralasan bahwa hal ini terpaksa dilakukan karena untuk mencegah krisis ekonomi yang lebih parah lagi. Beragam tanggapan dari masyarakat bermunculan.

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa kebijakan pemerintah tidak tepat. Pada saat  rupiah melemah justru pemerintah menaikkan harga BBM. Hal ini menyebabkan beban hidup masyarakat semakin berat. Kenaikan daripada harga BBM menyebabkan harga kebutuhan pokok naik juga. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa kita harus mendukung dan mentaati kebijakan pemerintah. Harga minyak di Indonesia tidak lepas juga dari pengaruh harga minyak di dunia.  Kenaikan harga premium sebesar Rp500,00 akan dapat mengurangi subsidi pemerintagh sebesar 2 miiliar per bulan. Subsidi BBM itu selanjutnyya bisa untuk membiayai pembangunan sarana dan prasarana masyarakat juga.

      Kesalahan dan perbaikan ejaan pada teks tersebut adalah….

A.    Presiden seharusnya presiden dan mentaati seharusnya menaati
B.    Presiden seharusnya presiden dan pukul 23.00 WIB seharusnya jam 23.00 malam
C.    mentaati seharusnya menaati dan sebesar Rp500,00 seharusnya sebesar Rp 500,00
D.    di dunia seharusnya didunia dan sebesar Rp500,00 seharusnya sebesar Rp. 500,00,-

48. Bacalah teks berikut!
Saat ini tindak kekerasan yang dilakukan remaja sudah meresahkan masyarakat  dan mengkhawatirkan orang  tua. Mereka tidak lagi menjadi remaja yang patuh pada orang tua; tetapi mereka melakukan perkelahian, penganiayaan, pemerasan, dan pembunuhan. Masyarakat menghendaki ada tindakan tegas dari aparat agar mereka tidak mengulangi tindakan yang tidak baik itu.

Bagaimana tanggapan masyarakat? Masyarakat mengusulkan ada tindakan tegas dari orang tua atau aparat kepolisian untuk memberikan sanksi pada remaja yang melakukan tindak kekerasan. Sanksi tersebut di antaranya remaja yang terbukti melakukan tindak kekerasan seperti penganiayaan atau pembunuhan agar dihukum sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Hal ini dilakukan agar remaja tersebut jera dan tidak mengulangi perbuatannya. Akan tetapi, bila remaja tersebut hanya berkelahi, sanksi yang diberikan berupa pembinaan.

Kesalahan dan perbaikan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah….
A.    tanda baca koma setelah kata pemerasan seharusnya dihilangkan
B.    tanda baca titik koma setelah kata pada orang tua seharusnya tanda baca koma
C.    tanda baca titik setelah kata tanggapan masyarakat seharusnya tanda titik
D.    tanda baca koma setelah kata akan tetapi seharusnya dihilangkan


49. Bacalah teks berikut!
Siapa yang tidak kenal Mario Teguh, motivator terkenal ini sangat dikenal oleh masyarakat melalui acaranya yang berjudul "Mario Teguh Golden Ways" yang ditayangkan di TV. Mario Teguh dilahirkan di Makassar, 5 Maret 1956 adalah seorang muslim yang menjadi motivator nasional dan konsultan asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh. Namun, saat tampil didepan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar sarjana pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan.Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC).

Sis Maryono Teguh atau Mario Teguh masuk kuliah di Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.Kemudian ia kembali ke Indonesia dan mengambil Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang kemudian ia ke Jepang dan kuliah di Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang setelah itu ke Amerika dan kuliah di Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, Ia membekali dirinya dengan banyak ilmu yang berbeda.
.
      Kesalahan ejaan beserta alasan kesalahan pada teks tersebut adalah…..
A.    sarjana pendidikan seharusnya ditulis huruf kapital karena merupakan nama gelarr
B.    tanda baca koma setelah kata di Makassar, 5 Maret 1956 dihilangkan karena tidak perlu
C.    penulisan kata didepan publik seharusnya di depan publik karena di sebagai kata depan
D.    di Jurusan Arsitektur seharusnya dengan Jurusan Arsitektur karena berarti memilih jurusan

50. Bacalah teks berikut!
Pada mulanya, sang tokoh Afif ingin menjadi sosok intelek seperti Habibie. Ia menginginkan bersekolah di SMA Bukittinggi demi mencapai cita-citanya. Sayangnya, Amak, orang tua Alif,  tidak mengizinkan hal tersebut. Dia menginginkan Alif menjadi seorang ustad atau pemuka agama, sehingga ia berpikir   menyekolahkannya di  pondok pesantren. Alif sebenarnya berberat hati, tetapi pada akhirnya dia menuruti Amak  dan melanjutkan pendidikan di Pesantren Madani. Pada mulanya, Alif begitu kaget menjumpai  
pendidikan di dalam pondok pesantren yang begitu disiplin. Namun seiring berjalannya waktu ia kemudian ikut lebur di dalamnya bersama  sahabat-sahabatnya yang lain. Mereka semua percaya pada  sebuah kata
      mutiara ”Siapa  yang bersungguh-sungguh akan berhasil”.

      Kesalahan tanda baca beserta alasan kesalahan pada teks tersebut adalah….

A.    tanda baca koma setelah kata sayangnya tidak perlu karena bisa mengubah arti yang sebenarnya
B.    tanda baca koma setelah kata orang tua Alif tidak perlu karena bukan sebagai penjelas subjek
C.    tanda baca koma setelah kata pemuka agama tidak perlu karena sudah ada kata penghubung sehingga
D.    tanda baca koma setelah kata berberat hati tidak perlu karena sudah ada kata penghubung tetapi


BAGIAN 1 | BAGIAN 2 | BAGIAN 3 | BAGIAN 4 | BAGIAN 5 | BAGIAN 6



     Terima kasih kepada pengelola blog MGMP Bahasa Indonesia 10 dan Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Sumber : http://mgmpbahasaindonesia10.blogspot.com/

Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Uji Coba Ujian Nasional (6)"