Menulis Artikel Berbahasa Inggris Memanfaatkan Google Translate



Menulis merupakan tantangan tersendiri. Banyak orang yang pintar dan betah berlama-lama dalam berbicara tapi kesulitan ketika mengungkapkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Padahal mungkin kita telah bersentuhan dengan dunia tulis-menulis sejak usia Sekolah Dasar.

Jika kita kesulitan dalam menulis artikel dalam Bahasa Indonesia apalagi jika harus menulis dalam Bahasa Inggris, pasti akan lebih sulit lagi. Nah, Google telah menyediakan perangkat penerjemahan bahasa yang disebut Google Translate. Kita bisa memanfaatkan perangkat ini untuk membantu memudahkan dalam menulis artikel berbahasa Inggris.

Beberapa langkah yang bisa kita lakukan:
Pertama, tentukan tema yang ingin ditulis. Jika Anda ingin menggunakannya untuk publikasi di internet, terutama agar banyak dicari orang, maka perhatikan kata-kata kunci yang menjadi tren di internet.

Kedua, setelah kita menemukan tema. Sekarang saatnya mencari bahan referensi. Kita bisa memanfaatkan situs-situs penyedia artikel berbahasa Inggris. Misal saja, www.articlesbase.com . Ketikan tema yang ingin dicari, maka akan muncul pilihan-pilihan artikel yang sesuai kata kunci.

Ketiga, salin artikel yang ada ke google translate (buka: www.translate.google.com) kemudian pilih terjemahan dari inggris ke indonesia. Setelah muncul hasil, salin terjemahan dalam bahasa Indonesia itu dan kopikan ke MS Word/Notepad atau semacamnya.

Keempat, jika membutuhkan tambahan dari artikel lain. Anda bisa mencarinya dan melakukan langkah 1-3 di atas. Kemudian padukan artikel yang ada.

Kelima, ubah terjemahan itu dengan mengambil ide-ide yang ada dan tulis ulang dengan bahasa kita. Usahakan dengan menggunakan kalimat baku.

Keenam, masukan artikel yang ada ke dalam google translate. Terjemahan dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maka akan kita dapatkan sebuah artikel baru dalam bahasa Inggris.


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Menulis Artikel Berbahasa Inggris Memanfaatkan Google Translate"